Minggu, 09 November 2008

kesan dan pesan


Kami adalah warga Banjar Kalimantan Selatan yang sekarang bermukim di Tenggarong Kalimantan Timur, sejak dahulu pertama kali saya memulai perjalanan dari Banjarmasin kesini (dikarenakan saya ditugaskan di Kalimantan Timur sebagai tenaga kesehatan disini), hingga kini kami masih sering kali melakukan perjalanan mengunakan bis trans kalimantan. Tetapi sampai saat ini tidak ada perubahan pelayanan yang saya rasakan terhadap para pengguna bis trans kalimantan, mulai dari penuhnya penumpang hingga berjejal didalam bis yang sempit,hingga ada penumpang yang duduk di gang bis dengan kursi plastik (padahal perjalan dilakukan pada malam hari dan selama kurang lebih 12 jam, bagaimana penumpang bisa istirahat ? ) sampai servis makan penumpang yang memiliki tiket yang sangat tidak memenuhi standar, sampai -sampai adek saya yang pernah saya ajak kesini untuk mengunjungi saya mengatakan "makan jatah penjara", bagaimana tidak, dengan suguhan nasi yang kadang-kadang sudah dingin dan dengan telor ayam separuh ( bukan 1 biji ) dan sedikit sambal merah.
Saya sedikit heran dan kemudian membandingkan dengan bis antar kota di Pulau Jawa sana ( kebetulan saya juga pernah tinggal di Yogya tugas belajar selama kurang lebih 4 th yang di biayai Pemda Kutai Kartanegara ), di pulau jawa servis kepada penumpang sangatlah dipentingkan, kita duduk dengan lega, nyaman dan tenang. Semua bis diawasi dengan ketat, setiap kota yang dilalui ada semacam pos yang mana nantinya ada satu orang petugas dari kru bis yang naik dan mencatat dan mengawasi apa saja yang terjadi selama bis tersebut melakukan perjalanan, jadi supir bus maupun kernet tidak akan bisa melakukan kecurangan ataupun yang lainnya, yang bisa menyebabkan hilangnya kenyamanan penumpang dalam melakukan perjalanan.
Belum lagi servis makan yang sangat menyenangkan, dengan pelayanan yang baik disetiap pemberhentian dimana kita mendapakan jatah makan yang enak dan mengenyangkan, kadang- kadang malah kita dapat jatah makan prasmanan,tentunya kita bisa memilih masakan apa yang kita inginkan. Padahal dipikir-pikir biaya tiketnya malah lebih murah dari pada disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih atas masukan dan saran yang anda berikan